Kamis, 31 Maret 2011

Timbilan Bukan Gara - Gara "Ngintip"

 Waktu bangun tidur, rasa - rasanya ada yang gak enak dimata seperti kelilipan jadi yah seperti biasa kucek - kucek mata tapi ndak juga kunjung hilang kotorannya. Jadi saya biarin aja, pas lagi ngaca liat - liat mata ko` seperti ada jerawat di kelopak mata ! waduh, jangan - jangan timbilan nih !!! khan malu kalau timbilan pasti diolokin habis ngintip orang mandi ! haha cari - cari referensinya tentang timbilan ini yang saya dapatkan, siapa tau lagi perlu !

Timbilan ini disebabkan oleh kebiasaan kita mengucek mata karena tangan kita mengandung kuman. nahhhhh kuman ini yang mengakibatkan sel tertentu yang jadi base nya mengeluarkan antibiotik alami pada darah putih yang kemudian disertai nanah ato darah kotor, timbilan terjadi ada beberapa sebab, namun pada umumnya akibat dari kemasukan kuman dan dia akan bereaksi dengan sistem kekebalan tubuh, protein kuman akan bereaksi sangat kuat dengan makanan yang mengantung tepung terutama tepung jagung ato maezena, contohnya ada pada gorengan, segala macam mie instan dan mie untuk mie ayam dan mie baso, trus akan bereaksi juga dengan makanan yang mengandung lemak protein yang tinggi, misal ada pada telur, daging ayam broiler, ikan terutama ikan laut.

Timbilan ada dua, timbilan kecil sama yang udah besar (parah). Kalau penanganan timbilan kecil seperti bengkak sedikit aja yang gak terlalu kelihatan betul, tidak ada perawatan yang khusus jangan sering di kucek - kucek aja matanya, nanti akan sembuh sendiri. Kalau yang udah besar (parah) harus butuh penanganan dokter.

Pertolongan pertama kalau kena timbilan bisa dengan bawang putih, kupas bawang putih cuci bersih lalu potong ujungnya agar dapat memoles pada bagian mata yang bengkak dengan mudah, lakukan polesan searah tiap pagi dan sore, hati - hati dan jangan sampai terkena mata !

Semoga bisa membantu,

Bookmark and Share

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mas tmn saya namax dugong, , puny benjolan ky masx. . .
tpi dy dmata kaki, , tc timbil jg kh namax???
tolong jwb ya, ksian tmn saya nc, 2 hari ud g bs braktfs gara" tibilan dmata kakix, , , ,
smape" dokter jg ud agkt tngan gra" jijiiii, , , , ,
plizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz dunK ahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh......

frogcungkring mengatakan...

anonim (dika): ah bungul, itu kutil bukan timbilan ...

Posting Komentar

Dapatkan Follow GRATIS Dengan Berkomentar !

Created by Bahrul Ridho Copyright © 2011 frogcungkring All rights reserved